BAB II
GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
1. Sejarah Singkat Perusahaan
Awalnya perusahaan ini memiliki nama AStravel,
yang kemudian pada tahun 2009 berubah nama menjadi PT. Mawar Berkah
Sejahtera (AStravelindo). Hal ini dilakukan perusahaan karena
perkembangan dari perusahaan itu sendiri yang ingin memiliki wadah yang
mandiri. Setelah hampir empat tahun beroperasi di medan
maka PT. Mawar Berkah Sejahtera (AStravelindo) tidak hanya mengelola
pemesanan dan pembelian tiket pesawat saja tetapi sudah berkembang
sampai pemesanan Tiket Pesawat, Voucher Hotel, Haji Plus, Paket Umroh
dan paket perjalan wisata. Hal ini dilakukan karena melihat dari
perkembangan pasar yang begitu kompetitif dengan dukungan kemajuan
teknologi yang kian pesat. Selain itu perkembangan periklanan juga
sangat dipengaruhi dengan perkembangan media baik cetak maupun media
elektronik.
Perusahaan ini memiliki visi yang sama yakni menciptakan lapangan pekerjaan dan membangun daya saing bangsa.
PT. Mawar Berkah Sejahtera adalah perusahaan yang senantiasa berusaha
menciptakan ide-ide inovatif dengan tetap mempertahankan ciri khasnya
tanpa mengurangi kepuasan para konsumennya. Tim kreatif AStravelindo
ingin selalu mencoba terbuka dalam setiap komunikasi dengan para klien,
memberikan pertimbangan terhadap konsep yang ingin dibangun serta sebisa
mungkin menyediakan solusi alternatif terhadap suatu masalah. Dalam hal
ini AStravelindo ingin lebih memposisikan diri sebagai mitra sahabat
para klien.
Layanan di PT. Mawar Berkah Sejahtera ditujukan untuk usaha perorangan
(personal), pendidikan, perusahaan kecil (UKM) sampai perusahaan besar.
PT. Mawar Berkah Sejahtera menawarkan solusi menyeluruh dan terpadu bagi
Perusahaan, Pemerintahan dan Pendidikan dari Konsepsi, Konsultasi,
Implementasi, Pelatihan sampai dengan Dukungan Operasional. Dengan bekal pengalaman dan banyaknya project
yang telah ditangani serta didukung dengan sistem pemesanan dan
pembelian yang berpengalaman membuat PT. Mawar Berkah Sejahtera semakin profesional dalam melayani customer
serta harus memahami perilaku konsumennya. Tidak adanya pemahaman
terhadap motivasi, kebutuhan dan kesukaan konsumen merupakan sumber
kegagalan terbesar pemasaran.
Adapun jasa yang ditawarkan oleh PT. Mawar Berkah Sejahtera adalah
1. Penjualan Tiket Pesawat
2. Voucher Hotel
3. Haji Plus
4. Paket Umroh
5. Paket Perjalanan Wisata
1.1 Visi
Adapun visi dari PT. Mawar Berkah Sejahtera yaitu :
1. Menjadi salah satu Perusahaan Penyedia Promosi & Solusi dibidang Teknologi Infomasi dan desain yang handal dan kompetitif.
2. Mempunyai kompetensi yang dapat memuaskan pelanggan, sehingga pelanggan tidak merasa kecewa dengan hasil yang telah dilakukan.
1.2 Misi
Adapun misi dari PT. Mawar Berkah Sejahtera yaitu :
1. Memberikan pelayanan terbaik dibidangnya, serta solusi terkini dan melakukan inovasi demi tercapainya kepuasan pelanggan.
2. Memberikan layanan secara professional, after sale yang memuaskan dan handal.
2. Struktur Organisasi
Untuk menunjang kegiatan perusahaan dan untuk mempermudah sistem
pengawasan dibidang promosi periklanan dan desain maka dibentuklah suatu
struktur organisasi dari PT. Mawar Berkah Sejahtera, dimana pengawasan
tersebut dimaksudkan untuk memajukan perusahaan dan memberikan pelayanan
secara profesional agar pelanggan tidak merasa kecewa dengan hasil
pelayanan yang di berikan.
PT. Mawar Berkah Sejahtera dipimpin oleh seorang Manager Marketing
perusahaan yang membawahi beberapa kepala divisi dengan wewenang dan
tugasnya masing-masing seperti penjelasan yang ada dibwah ini.
Dibawah ini merupakan gambar struktur organisasi dari PT. Mawar Berkah
Sejahtera yang disertai dengan tugas dan wewenang untuk tiap-tiap
jabatan.
Gambar.II.1 Struktur Organisasi PT. Mawar Berkah Sejahtera
Sumber : PT. Mawar Berkah Sejahtera
Adapun uraian dan penjelasan dari gambar II.1 struktur organisasi PT. Mawar Berkah Sejahtera adalah sebagai berikut :
1. Direktur Utama
Merupakan pemilik perusahaan yang bertanggung jawab atas ijin perusahaan
yang dimilikinya, pimpinan tertinggi pada perusahaan yang bertanggung
jawab terhadap seluruh bagian serta operasi perusahaan.
Adapun tugas dan wewenang direktur utama adalah sebagai berikut :
a. Sebagai penanggung jawab perusahaan.
b. Sebagai pemberi modal pada perusahaan.
c. Melaksanakan manajemen transformasi dalam rangka terwujudnya tata nilai berkelanjutan di perusahaan tersebut.
d. Menetapkan langkah-langkah strategi dalam mengembangkan perusahaan.
e. Mensukseskan pembangunan sarana dan prasarana Teknologi Informasi secara efektif.
2. Manager Marketing
Adapun tugas dan wewenang Manager Merketing adalah sebagai berikut :
a. Memimpin tugas oprasional dalam suatu tim.
b. Merencanakan dan mengawasi kegiatan setiap devisi sesuai program kerja yang telah digunakan.
c. Menyimpan,
mengatur, dan memelihara arsip-arsip dokumen serta surat-surat berharga
lainnya yang diperlukan dalam kegiatan perusahaan.
d. Mengembangkan organisasi perusahaan.
e. Bertanggung jawab atas pendapatan, termasuk pengakuan dan pengukuran pendapatan perusahaan.
f. Memberikan dorongan dan motivasi kepada bawahannya agar dapat bekerja lebih efektif dan efisien.
g. Memberikan arahan pada bawahannya agar dapat bekerja sesuai fungsinya.
3. Divisi Marketing
Adapun tugas dan wewenang Divisi Marketing adalah sebagai berikut :
a. Mempublikasikan produk dan jasa ke publik.
b. Mencari dan melobi pelanggan.
c. Mengevaluasi terhadap produk dan jasa yang dihasilkan.
4. Administrasi Keuangan
Adapun tugas dan wewenang Administrasi Keuangan adalah sebagai berikut :
a. Melaporkan Informasi kepada Direktur Utama setiap harinya.
b. Mencatat pengeluaran uang perusahaan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
c. Membuat kwitansi setiap terjadi transaksi.
d. Membayar tagihan-tagihan perusahaan dan menyetor uang ke Bank.
e. Menerima uang masuk dari setiap terjadi transaksi tiket.
f. Mengagendakan surat-surat masuk atau keluar.
g. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diperintahkan direktur.
h. Membuat laporan dan mengirimkannya.
i. Mengelola arsip, dokumen, dan surat-surat berharga yang berkaitan dengan keuangan.
5. Operation Manager
Adapun tugas dan wewenang Operation Manager adalah sebagai berikut :
a. Memberikan pengarahan dan penetapan kebijakan umum yang erat kaitannya dengan kegiatan perusahaan.
b. Menetapkan dan mengkoordinir kegiatan antara kegiatan bagian agar saran yang telah di tetapkan tercapai.
c. Mengangkat, mengawasi serta menilai kepada tiap sub bagian dalam menjalankan tugasnya.
d. Menetapkan, merubah atau mencabut seluruh kebijakan yang akan di laksanakan.
6. Tour & Travel manager
Adapun tugas dan wewenang Tour & Travel Manager adalah sebagai berikut :
a. Mengatur jadwal kegiatan yang akan diadakan agar tidak ada jadwal yang kegiatannya di laksanakan secara bersamaan.
b. Menugaskan anak buahnya yang bertugas sebagai pembimbing tour pada setiap kegiatan dilaksanakan.
c. Bertanggung jawab langsung terhadap operasional manager.
3. Mekanisme Sistem yang Berjalan
Pada PT. Mawar Berkah Sejahtera sistem kerja yang dilakukan menggunakan
teknologi Komputerisasi. Dimana di perusahaan tersebut lebih
mengutamakan dari pada teknologi komputer yang canggih dan sumber daya
manusia yang handal, hal ini dilakukan karena disesuaikan kepada jenis
pekerjaannya sebagai perusahaan yang bergerak dibidang teknologi
informasi. Perusahaan ini menggunakan teknologi internet sebagai media komunikasi dan informasi.
Pada
saat ini proses pemesanan tiket menggunakan sistem online yaitu dengan
cara mengakses situs internet dan bisa juga dengan cara menghubungi
lewat telefon, akan tetapi proses pembayaran tiket pesawat pada PT.
Mawar Berkah Sejahtera masih menggunakan sistem manual, sehingga
mengharuskan konsumen melakukan pembayaran langsung. Setelah konsumen
melakukan pembayaran maka tiket yang telah di pesan akan di berikan
kepada konsumen pembeli tiket, baik berupa tiket perjalanan maupun kode
tiket.
MAKALAH GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
Reviewed by https://numpuktugas.blogspot.com/
on
September 26, 2017
Rating:
No comments:
Post a Comment