BAB I
PENDAHULUAN
Di jaman globalisasi yang semuanya serba instan , manusia
membutuhkan suatu kemajuan IPTEK yang mendukung kehidupan mereka. Semenjak
ditemukannya listrik , barang elektronikpun mulai ditemukan. Dan muncullah
alat-alat elektronik pada jaman sekarang yang mempermudah kebutuhan manusia.
Manusia pada saat ini tidak dapat lepas dari bantuan barang elektronik .
Manusia membutuhkan hiburan,lalu diciptakanlah radio. Radio pada mulanya dapat
digunakan menggunakan baterai, namun semakin berkembangya ilmu pengetahuan ,
radio mulai menggunakan listrik. Kemudian, hiburan yang dibutuhkan tidak hanya
sekedar suara saja, diciptakanlah televisi, yang tadinya hanya berwarna hitam
putih , sekarang menjadi berwarna dan bahkan mulai muncul modifikasi-modifikasi
baru yang seperti televisi plasma, LCD, dan LED. Begitu juga barang
elektronik-elektronik yang lain yang dapat membantu kebutuhan manusia seperti
mesin cuci ,lemari es, air conditioner (AC) , handphone, komputer, DVD player.
Yang semua alat-alat tersebut menjadi kebutuhan dan gaya hidup manusia .
1.1.
LATAR BELAKANG
Manusia pada era ini, bisa dikatakan tidak dapat lepas dari
tekhnologi. Tekhnologi tersebut dapat berupa alat-alat komunikasi dan alat-alat
elektronik. PT LG muncul dengan berbasis produksi manufaktur dan penjualan
komoditas barang-barang elektronik. Karena merupakan prospek yang menjanjikan
saat ini. LG adalah singkatan dari “Life’s Good”, dari namanya saja,sudah dapat
dipastikan jika LG ingin memberikan kehidupan yang baik bagi para konsumennya.
Agar menjadikan kehidupan para konsumennya dipenuhi dengan kemudahan-kemudahan
yang sangat berguna,dengan kehidupan sekarang yang sangat mengedepankan
kenyamanan hidup. LG adalah produsen elektronik, yang berasal dai Negeri
gingseng ,yaitu Korea. Korea sendiri merupakan Negara maju, yang diketahui
mengedepankan tekhnologi dalam segala aspek bidang kehidupan. PT LG
mengeluarkan banyak sekali produk-produk elektronik di dunia. Produk
elektroniknya hampir ada di seluruh penjuru dunia, termasuk di Indonesia. Dan
menguasai penjualan produk-produk elektronik dibandingkan merk-merk yang ada
lainnya, seperti Samsung yang sama-sama produsen dari Korea, dan juga Sony dari
Jepang yang merupakan brand yang sudah terkenal mendahului LG. Tapi dengan
semangat , kerja tim yang solid, dan kesungguhan dari LG, akhirnya LG berhasil
menjadi penguasa baru di dunia elektronik Indonesia.
Produk-produk LG sangat beragam, mulai dari alat elektronik
sampai alat komunikasi . Alat-alat elektronik yang diproduksi oleh PT LG,
antara lain lemari es, mesin cuci, AC, DVD player, Blu-ray player, Home theater
system,dan kategori produk TI seperti monitor LCD. Sementara untuk kategori TV,
LG berhasil menciptakan produk-produk seperti , TV LCD TV, TV plasma , dan TV
LED. Bahkan LG masih memproduksi TV CRT atau TV tabung, yang tetap menjadi
favorit masyarakat kalangan menengah bawah di Indonesia.
Produk-produk dari LG dikenal dengan kualitas yang tinggi
sehingga selalu mampu menguasai pasar. Alat-alat elektronik keluaran LG selalu
mengikuti perkembangan jaman sehingga masyarakat selalu ingin membeli
barang-barang baru keluaran LG. Selain itu, dengan produk-produk terbaru
keluaran LG, konsumen menjadi mengetahui tentang perkembangan-perkembangan
elektronik yang ada di dunia. LG sendiri selalu melakukan riset agar dapat
memenuhi para konsumennya. Produk LG, sekali lagi bukan hanya dikenal di
Indonesia namun di Negara-negara lain seperti Jerman, Polandia, dan
penjualannya juga sangat bagus di masing-masing Negara. Maka dari itu, LG
merupakan salah satu produk yang diunggulkan pada pasar persaingan elektronik.
1.2.
RUMUSAN MASALAH
1.
Konsep
pemasaran apakah yang dipakai PT LG ?
2.
Siapakah
yang menjadi segmen utama dari PT LG?
3.
Bagaimana
strategi marketing mixnya ?
4. Apa saja masalah yang dihadapi oleh
PT LG?
5. Bagaimanakah eksistensi
produk-produk elektronik yang dihasilkan
oleh PT LG terutama produk televisinya untuk waktu yang akan datang
BAB II
PEMBAHASAN
Dalam sebuah perusahaan pemasaran sangatlah penting. Hal ini
disebabkan karena pemasaran dapat mengukuhkan eksistensi sebuah perusahaan.
Inovasi dan kreatifitas yang tinggi dalam pemasaran dapat membuat produk yang
ditawarkan bisa bertahan dan diminati.
2.1. KONSEP PEMASARAN PRODUK LG
Salah satu konsep pemasaran
yang dilakukan LG . yaitu.
A.
Konsep Promosi.
Melalui konsep ATL dan BTL. ATL adalah singkatan dari Above
The Line, ATL adalah pemasaran melalui TV, majalah, radio, koran, billboard .
ATL sendiri mencakup target audiens yang lebih luas karena melalui media yang
langsung diketahu masyarakat. Karena melalui banyak media yang mungkin akan
dilihat dan dinikmati oleh masyarakat. Dan lebih mengedapankan konsep untuk
menjelaskan gagasan atau ide kepada konsumen , dan tidak ada interaksi secara
langsung kepada audiens. Berbeda dengan ATL, BTL lebih banyak berinteraksi
secara langsung kepada audiens,namun sayangnya target audiens yang dijaring
terbatas . Hal ini disebabkan, pemasaran lewat BTL melalui Event, Sponsorship,
Sampling, Point-of-Sale (POS) materials, Consumer promotion, Trade promotion,
dll. Media atau kegiatannya memberikan audiens kesempatan untuk merasakan,
menyentuh atau berinteraksi, bahkan langsung action membeli. BTL adalah
singkatan dari Below The Line . Sehingga perpaduan dari konsep ATL dan BTL membuat
pemasaran LG semakin kuat dan tidak tertandingi.
B.
Konsep Produksi.
Yaitu selalu mengembangkan konsep produksinya. Dibuktikan
dengan LG selalu mengelurkan produk dengan inovasi yang inovatif, yang cepat
dan dapat membaca keinginan konsumen dan perkembangan jaman. Karena mengetahui
konsumen Indonesia lebih mengedepankan desain daripada fungsi, maka untuk pasar
Indonesia , LG selalu membuat gebrakan baru yang lebih mengedepankan pada
desain dan kualitas yang mumpuni. Berbeda dengan konsumen dari Negara barat
yang lebh menyukai fungsinya yang bagus dan beragam dibandingkan dengan desainnya.
2.2. SEGMEN PEMASARAN PRODUK LG.
Segmen yang dituju
oleh PT
LG adalah semua kalangan. Hal ini disebabkan karena PT LG selalu membuat produk dengan harga yang
beragam dan variatif tergantung dari jenis dan spesifikasinya. Jadi pada
kalangan menegah ke bawah dan menengah ke atas, semuanya dapat menikmati produk
keluaran dari LG .Namun dewasa ini, LG
lebih fokus mengembangkan segmen pasar menengah atas, dengan memberikan
diferensiasi yang jelas, mulai dari tipe produk dan spesifikasi tekhnologi yang
ada didalamnya. Hal ini dilakukan untuk memperjelas posisi LG dengan
kompetitor, salah satunya melalui televisi tiga
dimensi (3D) terbaru.
LG tidak meninggalkan pasar segmen menengah dan kecil, tetapi pasar tersebut sudah terlalu ketat kompetisinya,setelah produk Cina masuk
LG memutuskan untuk memperbesar pasar menengah ke atas, sembari mempertahankan pasar konsumen yang sangat sensitif terhadap harga produk.
LG tidak meninggalkan pasar segmen menengah dan kecil, tetapi pasar tersebut sudah terlalu ketat kompetisinya,setelah produk Cina masuk
LG memutuskan untuk memperbesar pasar menengah ke atas, sembari mempertahankan pasar konsumen yang sangat sensitif terhadap harga produk.
2.3. MARKETING MIX DARI LG ;
1.
Price
Harga yang dipatok oleh LG dalam
produk handphone, berkisar dari 300.000 rupiah sampai dengan 5.000.000 rupiah.
Sedangkan untuk produk televisi berwarna tipe CRT , LG mematok harga mulai dari
460.000 rupiah untuk televisi 14 inci sampai dengan 2.000.000 rupiah . Untuk
televisi LCD , LG mematok harga 2.000.000 rupiah sampai dengan 10.000.000
tergantung dari besar incinya. Untuk televisi LED sendiri yang merupakan produk
terdepan dari LG yang menjadi pioner utama ini 6.000.000 rupiah sampai
40.000.000 rupiah. Begitu juga dengan produk elektronik lainnya , LG selalu
mengeluarkan produk , dengan spesifikasi harga yang mencakup semua kalangan
konsumen. Maka dari itu mangsa pasar atau segmen pasar yang dituju LG sangat
luas dan mencakup semua kalangan.
2. Place
Faktor terpenting lain, dari
kesuksesan sebuah produk adalah jaringan kantor cabang, distribusi dan service
yang menjangkau seluruh Indonesia. Saat ini, LG memiliki lebih dari 100 dealer
yang menjadi mitra distribusinya. Disebut dealer, karena mereka lebih banyak
menjual produk LG, dibandingkan merek lainnya. Untuk para dealer ini, LG
memberikan treatment khusus, salah satunya, menempatkan sales promotion person
yang sangat paham tentang produk LG di dealer tersebut. Selain itu, para dealer
akan diberitahukan terlebih dahulu bila LG membuat produk baru, dan diberi
produk knowledge. Untuk jaringan pasca jual atau service, saat ini LG memiliki
lebih dari 65 direct service center , dan 200 authorize service center yang
tersebar di seluruh Indonesia. Selain itu, LG baru saja meluncurkan LG service
bus, yang bergerak untuk memberikan layanan pasca jual di berbagai tempat
strategis. Ke depannya, untuk menambah jaringan pasca jual, LG sudah menyiapkan
dana 9 milyar rupiah. Demikian juga kantor pemasaran, tahun lalu hanya memiliki
24 kantor cabang pemasaran, tahun ini akan membuka kantor di Balikpapan dan
Kendari, bahkan tidak menutup kemungkinan untuk menjajaki wilayah Ambon dan
Lombok.
3. Produk
LG memiliki banyak varian produk,
mulai dari alat elektronik sampai alat komunikasi. Alat-alat elektronik yang
dikeluarkan LG antara lain, DVD Blu-ray player,plasma TV, Home Theater System,
LCD monitor, LED TV, CRT TV , AC, LCD TV, Lemar Es, Mesin Cuci, Microwave. Dari
produk-produk tersebut , LG sudah mampu menguasai pasar produk elektronik di
Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan dominasi LG pada peralatan rumah tangga,
seperti lemari es (28%), mesin cuci (21%), AC ( 30%), DVD player (18%), Blu-ray
player (54%), Home Theater System (42%), dan untuk kategori TI seperti monitor
LCD (36%) , bahkan untuk kategori TV,LG berhasil menyapu bersih posisi leader
di berbagai varian.Pada kategori TV berpannel layar datar, TV LCD TV (29%), TV
plasma (43%), TV LED (34%) , dan TV CRT atau TV tabung sebesar (34%). Bila
dilihat dari persentase, LG sangat kuat di bagian TV-nya , bahkan LED menjadi
pioner pertama TV berbasis LED , yang kemudian banyak ditiru oleh produk-produk
perusahaan lain.
4. Promotion
Biaya yang dikeluarkan dalam hal
promosi, adalah sebesar 5% dari total penjualan produk. Promosi yang dilakukan
PT LG sangat beragam, salah satunya adalah dengan menempatkan sales promotion
person di setiap dealer LG. Setiap sales promotion person ini, akan diberitahu
lebih dahulu, apabila LG ingin meluncurkan produk baru, dan juga diberi produk
knowledge. Tak lupa berbagai promo special, juga diberikan kepada dealer untuk
menarik minat konsumen datang di gerainya. Sedangkan untuk iklan, LG Indonesia
difasilitasi oleh kantor pusat oleh
Korea, termasuk pemilihan rekanan agency.
Hal ini dilakukan dalam upaya
menjaga kualitas dan memilih rekanan yang reputasinya sudah diakui secara
internasioal. Misalnya media placement, dipilih Mind Share, sebagai mitranya,
dan untuk kreatif agency, dipilih Young and Rubicam (Y&R) . Saat ini, iklan
LG menggunakan ambassador dari luar Negeri yaitu Boyband terkenal Super Junor
(SuJu) dari Korea, entah kebetulan atau tidak , boyband yang beranggotakan 13
personil ini , tengah digandrungi oleh kawula muda termasuk di Indonesia. Jadi,
tak mengherankan, awarness LG berhasil meningkat berkali-kali lipat, berkat
duta merek yang sedang beradi di puncak popularitasnya tu. Selain itu , iklan
LG juga sering muncul di televisi, hal ini disebakan LG memang aggressive dalam
hal periklanan. Dan membuat Brand Image dalam masyarakat.
2.4. MASALAH YANG DIHADAPI LG
Masalah yang dihadapi LG adalah
persaingan dari produki lain yang tidak kalah gencar memberikan gempurannya di
dunia perelektronikan Indonesia. Terutama dari produk Samsung dan Sony yang sama-sama sudah memiliki konsumen setia
di Indonesia. Selain dari gempuran merk terkenal LG juga menghadapi gempuran
dari merk-merk China yang banyak muncul di Indonesia yang muncul di segmen
menengah bawah.
Kemudian tantangan terberat LG
adalah harus selalu mengerti kemauan konsumen
yang selalu berubah. Jika LG ingin tetap menjadi pioneer, maka LG harus
selalu mengembangkan kualitas dan jenis produk yang diproduksi.
Eksisitensi LG ke depannya akan
tetap baik dan terjaga, hal ini disebabkan karena LG telah membentuk brand image
tersendiri di masyarakat Indonesia. Selain itu kemampuan LG dalam hal melihat
dan memperkirakan pangsa pasar sangat baik. Sehingg LG selalu mampu menguasai
pasar. Kerja keras yang selalu dilakuklan oleh LG dalam hal menungkatkan
kualitas dan juga memenuhi keinginan konsumen akan membuat pelanggan selalu
setia dengan produk yang dikeluarkan oleh LG.
BAB III
PENUTUP
3.1. KESIMPULAN .
dari pembahasan di atas mengenai PT LG , adalah PT LG telah mampu mengibarkan eksisitensinya di
Indonesia, sehingga banyak produknya yang dipakai oleh masyarakat Indonesia dan
luar negeri. Ini semua tidak lepas dari peran LG yang terus menerus melakukan inovasi
untuk produknya , sehingga banyak sekali mengeluarkan varian-varian alat
elektronik yang dibutuhkan oleh masyarakat. Selain itu LG juga sudah mampu
membaca keinginan pasar, misalkan kalau masuk ke pasar Indonesia , LG harus
membuat sesuatu yang multifungsi, berdesain dinamis , dan berharga kompetitif .
LG sudah berhasil memasuki semua kalangan pasar dan produk-produknya dapat
dinikmati oleh seluruh konsumen. Selain itu LG menjadi pelopor TV LED yang sekarang menjadi trend setter .
Maka dari itu , selain mngusung jurus-jurus seperti , mengembangkan produk
inovatif sesuai keinginan pelanggan, rajin meluncurkan produk-produk
terbarunya, agresife menggarap pasar melalui berbagai kannal komunikasi seperti
ATL , BTL, serat pemasaran digital yang digarap sendiri oleh tim-nya, memiliki
kontur pemasaran dan distribusi serta jaringan pasar jual yang tersebar di
seluruh Indonesia, memberikan treatment khusu untuk jaringan dealer yang
menjadi mitra distribusinya, seperti menempatkan sales promotion person dan memberikan
promo special di gerai dealer. Bila hal itu tetap dusung, tentunya LG akan
terus dan terus dapat menguasai pasar elektronik Indonesia dan luar negr
3.2.
REKOMENDASI UNTUK LG adalah
sebagai berikut :
1. Walaupun kita ketahu LG sudah bagus
dalam TV LCD, sebaiknya LG lebih memikirkan pada elektonik lain seperi
handphone dan notebook-nya.
2. Iklan LG seharusnya tidak hanya
mengacu paling dominan pada televise saja, walaupun produk TV yang banyak
menyumbang pembelian dari konsumen.
DAFTAR PUSTAKA
MANAJEMEN PEMASARAN LG
Reviewed by https://numpuktugas.blogspot.com/
on
June 10, 2017
Rating:
No comments:
Post a Comment