BAB I
PENDAHULUAN
1.LATAR BELAKANG
Seiring
perkembangan pasar saat ini,usaha pembuatan donat menarik untuk
ditekuni,biasanya donat terbuat dari bahan dasar tepung terigu.
Kebanyakan untuk memperoleh tepung terigu impor terlebih dahulu. Padahal
sumber daya Indonesia sangat melimpah,misalnya kentang. Kentang ini
dapat dibuat sebagai bahan donat karena teksturnya yang sangat lembut
dan kandungan gizinya yang baik. Usaha donat dengan bahan yang berbeda
perlu dibuat,selain untuk menambah variasi donat dan untuk memenuhi
asupan gizi,terutama bagi penderita diabetes.
Dengan
alasan tersebut saya ingin membuat donat yang terbuat kentang dan
tanaman herbal, dimana kandungan kentang itu sendiri adalahprotein,
lemak, karbohidrat, kalori, serat, abu, kalsium, fosfor, zat
besi,karoten, vitamin B1, B2, C, dan asam nikotinat. yang bermanfaat
sebagaitonik, menghentikan perdarahan dan mengatasi kencing manis
(diabetesmellitus).Oleh karena itu saya tertarik untuk mendirikan usaha
donat kentang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan makanan
praktis,bergizi, enak, berkualitas, halal dan terjangkau bagi seluruh
lapisanmasyarakat. Di samping itu usaha dagang tersebut dapat
menciptakanlapangan pekerjaan bagi seseorang yang belum memiliki
pekerjaan.
Usaha
yang dimaksudkan dalam makalah ini adalah usaha makanan donat yang
menggunakan kentang yaitu tanaman herbal yang baik bagi kesehatantanpa
menggunakan bahan kimia dalam pembuatannya. Oleh karena itu,kami akan
berusaha dan tetap optimis dengan produk yang akan kamiproduksi untuk
dijual dimasyarakat dan akan laku di pasaran. Dengan usaha yang dimulai
dengan sederhana ini, apabila kamiberhasil memasarkan dan usaha yang
kami dirikan berkembang dan dikenaloleh masyarakat luas, maka untuk
meningkatkan kemajuan dari produk kamiselanjutnya kami akan menambah
proses produksi dan meningkatkankualitas dari produk kami sehingga dapat
didistribusikan ke seluruh daerahdi Indonesia.
2. MASALAH PENJUALAN
- Pengertian penjualan?
- Bagaimana cara pembuatan donat kentang ?
- Bagaimana tingkat modal pembuatan donat kentang ?
- Bagaimana penjualan donat kentang agar pelanggan tetap tertarik untuk menkonsumsinya?
3. TUJUAN PENJUALAN
Tujuan pendirian usaha donat kentang ini adalah sebagai berikut :
- Menciptakan lapangan kerja bagi orang – orang yang tidak memiliki pekerjaan sehingga turut mengurangi jumlah pengangguran
- Memenuhi kebutuhan masyarakat akan makanan praktis, bergizi enak,berkualitas, halal dan terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat.
- Meningkatkan nilai gizi donat dengan menggunakan kentang yang kayaakan vitamin A, antocyanin dan antioksidan
- Mensejahterakan pekerja, dengan cara memberikan tips, uang lembur,upah yang layak, sehingga taraf hidup yang layak sebagai buruh dapat terpenuhi.
- Memperoleh keuntungan dari hasil penjualan produk kami sehingga dapat terus berjalan dan memiliki kualitas produk makanan yang baik dan dapat diunggulkan serta dibanggakan
4. MANFAAT PENJUALAN
- bagi penjual
Untuk
menciptakan lapangan perkerjaan sehingga memperoleh keuntungan ,Membuka
lapangan pekerjaan bagi dan mengurangi jumlah pengangguran,Memperoleh
keuntungan dengan penjualan donat kentang. Memberikan pelayanan yang
memuaskan sehingga pelanggan menjadi puas dengan hasil produk kami,
Mensejahterakan pekerja dengan cara memberikan tips, bonus, uanglembur,
uang layak, sehingga taraf hidup bisa terpenuhi.
- Bagi pembeli
Donat
bermanfat bagi pembeli karena dengan haraga nya yang terjangkau dan
praktis serta donat ini mudah di dapat atau dibeli dimana saja.donat
juga memiliki aneka rasa yang membuat pembeli dengan mudah memilih rasa
mana yang mereka sukai.selain itu donat juga mengandung berbagai serat
yang beguna untuk penganti beras serta membantu pertumbuhan bagi
manusia.mengkosumsi donat tidak hanya merupakan makanan ringan atau
penganti nasi tetapi juga dapat menyehat kan badan karna didalam donat
tersebut mengandung berbagai vitamin dan mineral atau karbohidrat yang
terdapat pada gandum dan kentang tersebut.
BAB II
PEMBAHASAN
1.PROFIL USAHA
Nama Usaha : Donat kentang
Pemilik Perusahaan : NUR AZIZAH FIRDAUS
Bentuk Perusahaan : Industri Perumahan
Bidang Usaha : Produksi Makanan
Tempat / Lokasi Usaha : Jl. Jatipadang 3, Pasar Minggu
Jumlah Tenaga Kerja : 3 orang
2. Pengertian Penjualan
Penjualan
adalah suatu usaha yang terpadu untuk mengembangkan rencana-rencana
strategis yang diarahkan pada usaha pemuasan kebutuhan dan keinginan
pembeli, guna mendapatkan penjualan yang menghasilkan laba (Marwan,
1991).
Penjualan
merupakan sumber hidup suatu perusahaan, karena dari penjualan dapat di
peroleh laba serta usaha memikat konsumen yang di usahakan untuk
mengetahui daya tarik mereka sehingga dapat mengetahui hasil produk yang
dihasilkan.
Faktor-faktor yang mempengaruhi kegiatan penjualan :
a. kondisi dan kemampuan penjual.
Transaksi
jual beli atau pemindahan hak milik secara komersial atas barang dan
jasa itu prinsipnya melibatkan dua pihak, yaitu penjual sebagai pihak
pertama dan pembeli sebagai pihak kedua .
b. kondisi Pasar.
Pasar, sebagai kelompok pembeli atau pihak yang menjadi sasaran dalam penjualan, dapat pula mempengaruhi kegiatan penjualannya.
Factor-faktor kondisi pasar :
- jenis pasarnya
- kelompok pembeli atau segmen pasarnya
- daya belinya
- frekuensi pembelian
- keinginan dan kebutuhan
c. Modal
Akan
lebih sulit bagi penjualan barangnya apabila barang yang di jual
tersebut belum dikenal oleh calon pembeli, atau apabila lokasi pembeli
jauh dari tempat penjual.untuk melaksanakan maksud tersebut diperlukan adanya saran serta usaha.
d. Kondisi Organisasi Perusahaan
Pada
perusahaan besar biasanya masalah penjualan ini di tangani oleh bagian
tersendiri (bagian penjualan ) yang dipegang orang-orang tertentu.
e. faktor lain.
Faktor-faktor lain seperti periklanan, peragaan, kampanye, pemberian hadiah, sering mempengaruhi penjualan.
3. Pembuatan Donat Kentang
- Terigu protein tinggi.
- Kentang Kukus
- Ragi
- Telur
- Mentega
- Gula pasir
- Garam
- Alat
- Kompor gas 1 tungku + tabung gas + isi
- Mixer
- Loyang roti ukuran 40 x 60 cm
- Wajan besar
- Timbangan + gelas takar.
- Baskom plastik
- Pembuatan
- Kukus ubi samapai matang, dibuat pasta dengan cara dihaluskan
- Dalam wadah, campur tepung terigu, gula, ragi instant, aduk rata,masukkan ubi halus dan kuning telur, uleni hingga rata dan setengahkalis.Masukkan garam dan air sedikit demi sedikit hingga menjadiadonan yang kalis.
- Beri mentega dan garam, uleni terus hingga kalis elastis. Istirahatkan15 menit.
- Bagi adonan, masing-masing 50 gr, bulatkan. Diamkan 20 menit,hingga mengembang
- Lubangi tengahnya, menjadi bentuk donat, segera goreng sampaikuning kecoklatan.
- Angkat, tiriskan. Taburi gula donat, atau hias dengan coklat
4. Tingkat Modal Pembuatan Donat Kentang
- Sumber Permasalahan Modal Usaha
- Pemasukan yang kami peroleh adalah sebagai berikut :
- Modal pribadi Rp. 6.000.000,-
- Pinjaman bank Rp. 4.000.000,-
Jumlah Rp. 10.000.000,-
- Pengeluaran Pemakaian Modal Usaha
- Pengeluaran Pra Operasional Perusahaan
Pembelian Bahan Produk
Bahan Pokok Rp. 1.500.000,-
Bahan Tambahan Rp. 184.000,-
Peralatan Rp. 3.606.000,-
Jumlah Rp. 6.290.000,-
- Jumlah sisa saldo Rp. 3.710.000,-
- Gaji karyawan :
Direktur Rp. 900.000,-
Staff Keuangan ( Pekerja bagian dalam ) Rp. 450.000,-
Staff Operasional ( Pekerja lapangan ) Rp. 450.000,-
Jumlah Rp. 1.800.000,-
- Biaya tak terduga
- Insentive karyawan
1 karyawan Rp. 3.000,- / hari
3 orang karyawan 3 x Rp. 3.000,- = Rp. 9.000
1 bulan = Rp. 9.000 x 30 Rp. 270.000,-
Jumlah Rp. 2.670.000,-
- BUNGA BANK Rp. 4.000.000 * 1 % Rp. 40.000,-
- Angsuran Bank Rp. 4.000.000,-/ 12 bulan Rp. 480.000,-
- Jadi angsuran bunga bank 12 bulan Rp. 520.000,-
Jumlah pengeluaran perbulan Rp. 3.710.000,-
- LABA BERSIH PER BULAN
- Jumlah keuntungan/bln Rp. 250.000 x 30 hari Rp. 7.500.000,-
- Pengeluaran per bulan Rp. 3.710.000,-
Laba bersih perbulan Rp. 3.790.000,-
- PENCAPAIAN BEP
- Jumlah modal yang masuk Rp. 10.000.000,-
- Laba bersih Rp. 3.790.000,-
- Uang mencapai BEP atau balik modal adalah :
- Angka waktu = modal usaha / laba bersih
= Rp. 10.000.000,-/Rp.3.790.000,- = 3 bulan
5. Cara Penjualan Donat Kentang Agar Pelanggan Tetap Tertarik Untuk Menkonsumsinya
Cara penjualan dobat kentang ini menggunakan penjualan langsung
Penjualan Langsung) adalah :
Metode
penjualan barang dan/atau jasa tertentu kepada konsumen dengan cara
tatap muka di luar lokasi eceran tetap oleh jaringan pemasaran yang
dikembangkan oleh Mitra Usaha dan bekerja berdasarkan komisi penjualan,
bonus penjualan dan iuran keanggotaan yang wajar.
a)
Single Level Marketing (Pemasaran Satu Tingkat), maksudnya adalah :
Metode pemasaran barang dan/atau jasa dari sistem Penjualan Langsung
melalui program pemasaran berbentuk satu tingkat, dimana Mitra Usaha
mendapatkan komisi penjualan dan bonus penjualan dari hasil penjualan
barang dan/atau jasa yang dilakukannya sendiri.
b)
Multi Level Marketing (Pemasaran Multi Tingkat), maksudnya adalah :
Metode pemasaran barang dan/atau jasa dari sistem Penjualan Langsung
melalui program pemasaran berbentuk lebih dari satu tingkat, dimana
mitra usaha mendapatkan komisi penjualan dan bonus penjualan dari hasil
penjualan barang dan/atau jasa yang dilakukannya sendiri dan anggota
jaringan di dalam kelompoknya.
BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Pengelohan
kentang menjadi donat kentang melalui beberapa proses yaitu proses
pengukusan kentang, pengupasan, penumbukan, pembuatandonat, fermerntasi
pertama,pembentukan bola-bola, fermentasi keduapencetakan donat,
fermentasi ketiga penggorengan, pengolesan topping,dan
pemasaran.Pemasaran donat kentang menjadi dua jalur,yaitu secara
langsung dan tidak langsung. Kegiatan pemasaran secara langsung berarti
menjual produk langsung kepada konsumen, tanpa melalui jasa
perantara.Sedangkan kegiatan pemasaran secara langsung yaitu produk
tidak langsung dijual kepada konsumen, melainkan melalui jalur pengecer
terlebih dahulu.Usaha donat
kentang ini dapat dijadikan usaha alternatif bagimasyarakat, khususnya
di daerah yang banyak terdapat kentang. Pengaruh ekonomis yang
ditimbulkan adalah pengolahan ubi menjadi donat ubimemiliki keuntungan
yang lebih tinggi dari pada pengolahan yang pada umumnya dilakukan.
B. SARAN
Perbaharui dan perbaiki kualitas dari donat kentang buatan yang saya buat.Untuk
mengetahui kualitas rasa dari donat kentang, saya dapat membagisampel
kepada teman atau saudara tedekat untuk memperoleh reaksimereka terhadap
produk saya. Setelah itu saya perbaiki agar sesuai dengankeinginan
mereka.2.
Perlu dipikirkan juga outlet penjualan, apakah saya berencana membukatoko atau bekerjasama dengan pihak lain.
DAFTAR PUSTAKA
http://www.numpuktugas.blogspot.com
http://www.tugaskita.ml
http://www.tugaskita.ml/search/label/Kewirausahaan
MAKALAH KEWIRAUSAHAAN DONAT KENTANG LENGKAP
Reviewed by https://numpuktugas.blogspot.com/
on
September 18, 2017
Rating:
No comments:
Post a Comment