BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Seiring
dengan perkembangan zaman,masyarakat sekarang mulai berhati-hati dalam
memilih dan membeli sesuatu.Salah satunya dalam memilih dan membeli
makanan.Zaman dulu masyarakat membeli makanan hanya berpedoman pada
rasanya yang enak dan murah, ini terutama bagi kalangan masyarakat
menengah kebawah. Dua hal inilah yang menjadi prioritas utama dalam
membeli makanan.Mereka tidak begitu memikirkan kandungan gizi dan
nutrisi yang terkandung didalam makanan yang mereka beli.
Dari
uraian diatas maka sangat potensial bila kami akan merencanakan sebuah
peluang usaha dibidang makanan ringan yang kami beri nama “Kerupuk
Wortel” rasanya yang enak, gurih dan nikmat. “Kerupuk Wortel” ini akan
memiliki beraneka ragam rasa, yaitu keju pedas, balado, sapi panggang,
rumpul laut, seafood saos tiram, dan tidak kalah menarik ada rasa sate
ayam juga “Kerupuk Wortel ini, terbuat dari tepung tapioca yang kaya
akan kabohidrat dan di gelumuti dengan bahan rempah dan tidak lupa
menggunakan bahan utamanya yaitu wortel.
Mengapa kami mengambil bahan utamanya wortel ?
Karena
wortel adalah sejenis sayuran yang memiliki kandungan vitamin A yang
berdominan serta memiliki antioksidan tinggi baik untuk kesehatan tubuh
dan kulit..Jadi, bagi konsumen atau katakanlah mahasiswa/I yang hobbi
untuk mengemil pada saat waktu istirahat, tetapi bosan dengan megomsumsi
cemilan tidak sehat, untuk itu gantikanlah cemilan sehari-hari dengan
“kerupuk wortel yang sehat dan bergizi. Tidak hanya untuk cemilan saja,
tetapi dapat dijadikan makan pendamping untuk mie goring, nasi goring
ataupun bakso. Kami juga akan membuat tagline iklan seperti “ KERUPUK
WORTEL, CEMILAN SEHAT PILIHAN TEPAT” bermaksud untuk mengajak konsumen
mengubah pola hidup dengan mengonsumsi cemilan yang baik tanpa
mengkhawatirkan kesehatan.
1.2 MANFAAT PEMBUATAN PROPOSAL
Proposal
ini kami buat agar bermanfaat seperti untuk belajar mandiri untuk
mengisi waktu luang setelah sekolah, dapat juga bermanfaat untuk :
1.
Membantu mahasiswa/I sebagai calon wirausaha untuk mengembangkan usaha
dan menguji strategi dan hasil yang diharapkan dari sudut pandang pihak
lain (investor).
2. Membantu calon wirausaha untuk berfikir kritis dan obyektif atas bidang usaha yang akan di jalankan.
3. Sebagai alat komunikasi dalam memaparkan dan menyakinkan gagasan kepada pihak lain.
4. Membantu meningkatkan keberhasilan calonwirausaha.
5. Meningkatkan motivasi kepada calon wirausaha.
1.3 TUJUAN PENYUSUNAN PROPOSAL
Proposal ini dibuat untuk memenuhi tugas akhir mata pelajaran kewirausahaan.
1. Sebagai persyaratan untuk menambah nilai kami dalam mata kuliah kewirausahaan.
2. Mengembangkan inisiatif, inovatif dan kreatif wirusaha sebagai pemilik usaha dalam membuka usaha.
3. Memajukan kehidupan masyarakat dan memperbaiki ekonomi masyarakat.
4. Menjadikan mahasiswa lebih kreatif dan inovatif tentang berwirausaha.
5. Melatih mahasiswa agar dapat berwirausaha dengan baik.
6. Menambah pengalaman dan pengetahuan tentang berwirausaha.
7. Melakukan kerjasama dalam membangun bisnis yang akan dijalankan.
8. Dampaknya akan membuka lapangan kerja baru.
BAB II
KEGIATAN USAHA
2.1 ASPEK PRODUKSI
Proses Produksi
Bahan :
1. Wortel
2. Tepung terigu
3. Tepung tapioka
4. Garam
5. Gula
6. Bawangputih
7. Ketumbar
8. Bawangmerah
9. Penyedap rasa
10. Air
11. MinyakGoreng
Alat :
1. Pisau
2. Panci
3. Wajan
4. Mangkuk/Baskom
5. Blender/alat tumbuk
6. Kompor
7. Plastik
Cara Membuatnya :
a. Kupas wortel dari kulitnya dan cuci bersih.
b. Rebus wortel hingga lembek dan tiriskan.
c. Tumbuklah wortel yang telah direbus atau bisa juga memblendernya hingga menjadi seperti bubur.
d.Campur tepung terigu dan bumbu-bumbu kedalam bubur wortel tadi aduk hingga rata dan tercampur dengan sempurna.
e.
Kukus adonan tadi kurang lebih selama 1 jam, setelah dikukus dan dirasa
telah matang angkat adonan dan dinginkan kurang lebih 24 jam agar
adonan mengeras.
f. Potong adonan dengan ketebalan 1-2 mili agar tidak terlalu keras dan mengembang dengan sempurna saat digoreng.
g.Jemur
adonan yang telah kita potong tadi dibawah sinar matahari sampai
benar-benar kering.Lalu goreng dan taburkan bumbu sajian seperti
kejupedas, balado, rumpu tlaut, sate ayam dan seafood saustiram.
h. Lalu kemas dan siap dipasarkan .
Tenaga Produksi
1) Agen
Agar
usaha ini dapat bertahan dan berjalan dengan baik, maka kami melakukan
kerjasama dengan agen lainnya, sehingga bahan-bahan dari kerupuk wortel
ini mudah didapatkan.Agen yang kami maksud merupakan pelaku usaha yang
kami butuhkan seperti menjual bahan mentah tepung terigu dan bumbu
rempah-rempah untuk membuat cemilan ini.
2) Tenaga Kerja
Dalam
bisnis jualan kerupukwortel ini kami tidak memerlukan sumber daya
manusia yang ahli dan skill yang khusus seperti sarjana dll, akan tetapi
yang diperlukan adalah orang yang mau bekerja secara tekun/telaten,
sabar, kerja keras dan tidak gengsi karena ini merupakan pekerjaan remeh
menurut pandangan masyarakat tertentu.
3) Masyarakat Sekitar
Selain
SDM dari distributor dan tenaga kerja selanjutnya masyarakat juga
berperan penting dalam kelancaran usaha ini, karena kami juga harus
memiliki hubungan baik dengan masyarakat setempat, karena apabila kami
tidak mempunyai hubungan baik maka bisa saja usaha kami ini tidak
disenangi sehingga dapat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Sehingga
disinilah kami sebagai wirausaha harus mempunyai sikap yang baik dan
jujur terhadap siapa saja.
2.2 ASPEK PEMASARAN
Proses pemasaran usaha “KerupukWortel” ini dapat dilakukan dengan cara :
Target Pasar
a. Membuka tempat usaha di rumah.
b. Di tempatumum yang sudahmendapatkanizin, seperti terminal, pasartradisional, dll.
c. Menggunakan media sosialatau internet sebagaiwadahmemasarkannya.
d. Di kampustercintaUniversitasMercubuanaKampusMenteng Jakarta.
e. Di kantoratauperusahaantempat kami bekerja.
f. Bekerjasamadenganwarung/tokountukdijualdanbagihasilbersama.
Penetapan Harga
VARIANT RASA | HARGA |
KERUPUK WORTEL KEJU PEDAS | Rp. 10.000,- |
KERUPUK WORTEL BARBEQUE | Rp. 10.000,- |
KERUPUK WORTEL RUMPUT LAUT | Rp. 10.000,- |
KERUPUK WORTEL SEAFOOD SAUS TIRAM | Rp. 10.000,- |
KERUPUK WORTEL SATE AYAM | Rp. 10.000,- |
KERUPUK WORTEL BALADO | Rp. 10.000,- |
Sistem Distribusi
a) Dari Mulut ke Mulut
Promosi
ini merupakan promosi yang paling sederhana, serta tidak
memerlukanbanyak biaya untuk melakukan promosi ini. Cukup dengan
bercerita dengan teman-teman atau keluarga untuk mempromosikan usaha
ini, sehingga secara tidak langsung semua konsumen/masyarakat akan
mengetahui usaha kami. Dan apabila usaha kita sudah diketahui dan
disukai, maka konsumen tersebut akan memberitahukan kepada orang lain
untuk membeli “KerupukWortel” usaha kami.
b) Dengan Media Internet
Selain
promosi dari mulut ke mulut, maka promosi juga dapat dilakukan dengan
menggunakan media internet, seperti dapat melalui facebook, twitter,
blog, dll. Karena sebagian besar masyarakat telah menggunakan media
internet, sehingga masyarakat dapat mengetahui usaha kami.
Kegiatan Promosi
Untuk menarik minat konsumen agar membeli “KerupukWortel”, kami mempunyai cara-cara tertentu. Adapun cara-cara tersebut yaitu:
a.Setiap
pada tanggal 28 pada Akhir Bulanberlangsung hanya satu hari, kami akan
memberikan promosi “BUY 5 GET 1” dengan syarat pembelanjaan snack
“Kerupuk Wortel” minimal 50.000,- *berlaku kelipatan
b.
Setiap Tiga bulan sekali kami akan mengadak program “Selfie with Snack
Carrot”, dimana foto yang kami pilih akan mendapat paketdari all variant
“Kerupuk Wortel”, gratis, syaratnya follow medsos kami yang akan kami
buat akunnya dan upload foto beserta caption yg menarik.
4. Segmentasi Pasar
“Kerupuk
Wortel” ini dapat dikonsumsi oleh semua kalangan masyarakat umum.
Siapapun bisa mengkonsumsinya baik masyarakat yang sudah berumur tua
maupun masyarakat yang berumur muda dan anak-anak. Karena teksturnya
renyah, gurih dan bergizi, dapat dinikmati sebagai cemilan atau makanan
pendamping seperti mie goreng, bakso atau pun nasi goreng.
5. Persaingan
Kemungkinan
kami nanti akan menghadapi beberapa pesaing, seperti penjual cemilan
yang bisa dikatakan jumlahnya ratusan cemilan yang dijualnya tetapi kami
akan selalu menyusun strategi untuk memperkenalkan masyarakat untuk
cemilan yang sehat dan bergizi. Jadi konsumen tidak perlu khawatir
mengkonsumsi kerupuk wortel tanpa mengkhawatirkan kesehatan
BAB III
PERENCANA KEUANGAN
Bagian keuangan dan pemasaran akan dikelola dengan kerjasama yang baik dan memiliki tugas masing-masing dalam berbagai aspek.
3.1 BIAYA PRODUKSI
BiayaTetap (Fixed Cost)
ü Peralatan memasak Rp 250.000,-
ü Alat perekat kemasan Rp. 100.000,-
ü
Kompor Gas 1 unit
Rp
150.000,-Total
Rp 500.000,-
Biaya Variabel (Variable Cost)sehari
¶ Wortel Rp. 60.000,-
¶ TepungTerigu Rp. 35.000,-
¶ Tepung Tapioka Rp. 35.000,-
¶ Minyak Goreng Rp. 50.000,-
¶ Garam Rp. 10.000,-
¶ Gula Rp. 20.000,-
¶ BawangPutih Rp. 30.000,-
¶ Ketumbar Rp. 10.000,-
¶ BawangMerah Rp. 30.000,-
¶ Penyedap Rasa Rp. 10.000,-
¶ Bumbu taburan @6Variant Rp. 60.000,-
¶ Kemasan cemilan @100pc Rp. 50.000,-
Total Rp. 400.000,-
Total Biaya (Total Cost)
TC = TFC + TVC
TC = Rp 500.000 +Rp 400.000
TC = Rp 900.000
Jadi modal awal yang akan kami keluarkan sebesar Rp 680.000
3.2 ASPEK KEUANGAN
1) Pendapatan
Target penjualan kerupuk wortel per hari adalah 100pcs. Dan jika perbulan targetnya adalah 3000 pcs, berikut kalkulasinya :
Pendapatan Harian = Rp 10.000,- x 100 = Rp 1.000.000,-
Pendapatan Bulanan = Rp 10.000,- x 3000 = Rp 30.000.000,-
2) Biaya Operasional per-hari
Bahan baku perhari = Rp 400.000,-
Transportasi = Rp. 50.000,-
Total = Rp 450.000,-
Biaya Operasional per-bulan
Bahan baku per-bulan = Rp 14.000.000,-
Transportasi = Rp. 600.000,-
Total = Rp 14.600.000,-
Laba bersih per-hari = Rp 1.000.000 – Rp 450.000,-= Rp 550.000,-
Laba bersih per bulan = Rp. 30.000.000 – Rp. 14.600.000,-= Rp. 15.400.000,-
3. Perencanaan Risiko
Dalam
usaha jualan kerupuk wortel memakai tepung yang berkualitas tinggi dan
bahan-bahan yang berkualitas sehingga harga kerupuk wortel cukup
kompetetif. Jika terjadi kenaikan harga yang cukup tinggi, untuk
meminimalisir pengeluaran, saya melakukan penggantian produk yang
harganya tidak terlalu mahal atau sedang. Namun, dalam kualitas rasa
tetap samaagar tidak terjadi penurunan konsumen
BAB IV
PENUTUP
4.1 HARAPAN
Usaha
yang akan kami rencanakan, kami harapkan dapat menjadi salah satu usaha
makanan ringan yang sehat danber kualitas yang berpengaruh dengan omset
atau keuntungan yang tinggis ehinggadapat membuka banyak cabang di
Indonesia yang dapat membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain. Selain
itu, juga dapat menambah pengalaman dan ilmu pengetahuan kewirausahaan
dalam melakukan kegiatan usaha.
4.2 KESIMPULAN
Berdasarkan
uraian diatas dapat disimpulkan bahwa dalam memilih suatu usaha perlu
mengetahui terlebih dahulu berbagai macam hal yang berhubungan dengan
usaha yang didirikan. Seperti mengetahui peluang usaha, lokasi yang
strategis, pemasaran produk dan aspek-aspek lain yang berkenaan dengan
pendirian usaha, sehingga usaha yang akan dijalankan dapat berjalan
dengan baik. Usaha KerupukWortelini merupakan suatu usaha skala kecil
yang dapat membantu menciptakan lapangan usaha baru, sehingga mengurangi
pengangguran. Usaha ini tidak memerlukan modal yang cukup besar, namun
memerlukan perencanaan yang matang.
4.3 SARAN
1.
Dalam mendirikan usaha sebaiknya dipersiapkan segala sesuatunya dengan
matang dan tepat sehingga usaha yang dijalankan dapat berjalan dengan
baik.
2. Dalam berwirausaha diperlukan keyakinan, percaya diri, dan keuletan.
3.
Seorang wirausaha haruslah selalu kreatif dan inovatif serta selalu
mengikuti trend dan selera konsumen agar pelanggan tidak mudah bosan.
4. Semangat wirausaha harus selalu tertanam dalam diri kita.
5. Jangan mudah menyerah menghadapi berbagai hambatan dan masalah.
DAFTAR PUSTAKA
http://www.numpuktugas.blogspot.com
http://www.tugaskita.ml
http://www.tugaskita.ml/search/label/Kewirausahaan
MAKALAH USAHA KERUPUK WORTEL LENGKAP 2017
Reviewed by https://numpuktugas.blogspot.com/
on
September 18, 2017
Rating:
No comments:
Post a Comment