BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Pada
tahap awal berdirinya suatu perusahaan, selain dibutuhkan tersedianya
sumber daya atau faktor-faktor produksi juga diperlukan adanya jiwa
kewirausahaan yang tangguh dari pengelolanya. Kewirausahaan atau dulu
juga disebut kewiraswastaan merupakan suatu profesi yang timbul karena
interaksi antara ilmu pengetahuan yang diperoleh dari pendidikan formal
dengan seni yang hanya dapat diperoleh dari suatu rangkaian kerja yang
diberikan dalam praktik. Oleh karena itu, seorang wirausaha melakukan
kegiatan mengorganisasikan berbagai faktor produksi, sehingga menjadi
suatu kegiatan ekonomi yang menghasilkan profit yang merupakan balas
jasa atas kesediaannya mengambil risiko.
Kewirausahaan
merupakan suatu profesi yang timbul karena interaksi antara ilmu
pengetahuan yang diperoleh dari pendidikan formal dengan seni yang hanya
dapat diperoleh dari suatu rangkaian kerja yang didapat dalam praktik.
Oleh karena itu, seorang wirausaha melakukan kegiatan mengorganisasikan
berbagai faktor produksi sehingga menjadi suatu kegiatan ekonomi yang
menghasilkan keuntungan yang merupakan balas jasa atas kesediaannya
mengambil risiko.
Bisnis
merupakan aktivitas yang selalu ada di sekitar kita dan dikenal oleh
kaum muda hingga kaum tua. Pada era globalisasi saat ini, masyarakat
Indonesia khususnya para mahasiswa masih bingung dengan manfaat dan
tujuan dari bisnis tersebut. Bangsa Indonesia, merupakan bangsa yang
memiliki kekayaan alam yang melimpah jika kita tidak pandai mengatur itu
semua, maka bangsa kita akan jatuh ke dalam keterpurukan dalam hal
perekonomian, kemiskinan dan menjadikan negeri kita gagal atau miskin.
Pasti sebagai rakyat Indonesia kita tidak mau jika hal tersebut terjadi
di negara yang kita cintai.
Dilihat
dari pertumbuhan ekonomi kita saat ini, jumlah pengangguran di
Indonesia menduduki angka yang sangat fantastis. Namun, pemerintah belum
bisa mengatasi problema tersebut. Jika adanya pasar kerja yang dibuka,
masyarakat berbondong-bondong untuk menjadi pegawai negeri yang di
impikan tetapi pekerjaan kita tidak hanya pegawai negeri saja. Masih
banyak pekerjaan yang bisa kita lakukan pewirausaha atau pengusaha.
Maka
dari itu, penulis ingin membahas makalah ini yang berjudul “Bisnis
Percetakan” yang menjadi salah satu topik pembahasan penulis. Penulis
berusaha untuk menyusun makalah ini semenarik mungkin agar para
masyarakat khususnya mahasiswa dapat menyukai makalah ini. Sehingga,
mahasiswa dapat mengenal dan mengerti bahkan mampu memahami serta
menambah wawasan dalam dunia bisnis.
1.2 Rumusan Masalah
Rumusan masalah dalam pembahasan makalah ini adalah :
- Bagaimana cara memulai usaha percetakan ?
- Bagaimana strategy produk percetakan ?
- Bagaimana strategy pemasaran ?
1.3 Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan dalam penulisan makalah ini adalah :
Ø Untuk memberikan informasi kepada mahasiswa dan pihak-pihak lainnya tentang Trend Bisnis Percetakan
Ø Untuk memenuhi dan melengkapi tugas Pengantar Bisnis yang bermuatan softskill.
Adapun
tujuan dari didirikannya usaha ini adalah untuk memenuhi kebutuhan akan
percetakan digital baik sebagai media promosi seperti pamflet, brosur,
kartu nama atau berbagai produk hasil cetakan lainnya. Selain itu
dimaksudkan untuk mengembangkan usaha menjadi lebih besar sehingga hasil
keuntungan yang diperoleh juga akan semakin besar.
1.4 Manfaat Penulisan
Manfaat penulisan dalam penulisan makalah ini adalah :
Ø Agar mahasiswa dapat mengenal dan memahami tentang dunia bisnis percetakan
Ø Agar menambah wawasan dan pengetahuan kepada mahasiswa dan pihak-pihak lainnya mengenai dunia bisnis percetakan
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Cara Memulai Usaha Trend Bisnis Percetakan Digital
Peluang
Bisnis Percetakan adalah salah satu peluang usaha yang paling sering
dijumpai, di lingkungan rumah ataupun di kantor. Dari sekian banyak
peluang bisnis yang masih bisa bertahan hingga tahun 2015 ini, bisnis
percetakan merupakan salah satu usaha yang tak pernah ada matinya.
Terbukti, meski di tengah ketatnya persaingan pasar, sampai saat ini
bisnis percetakan masih menjamur di berbagai daerah dan mendatangkan
omzet hingga puluhan juta rupiah bagi para pelakunya.
Dengan
banyaknya konsumen yang menginginkan hasil cetakan yang bagus, membuat
persaingan terhadap bisnis percetakan ini menjadi semakin ketat. Semakin
banyak para pebisnis menjalankan bisnis percetakan ini dan mementingkan
konsumen langganannya. Bisnis percetakan ini banyak yang menjalankannya
dari yang sudah berpengalaman, yang tidak berpengalaman sampai yang
hanya mempunyai modal.
Untuk
merinitis usaha percetakan pun dibutuhkan modal yang beragam. Ada yang
merintis bisnis percetakan dengan modal hingga ratusan juta rupiah untuk
membeli peralatan cetak serba canggih, namun ada pula sebagian pelaku
usaha yang memulai usaha percetakan di lingkungan yang sempit dan sepi
dengan modal yang sangat terbatas namun omzet bisnisnya tak kalah besar
dengan kompetitor lainnya di pasaran.
Kita
bisa melihat banyak nya pengusaha yang tertarik mencoba membuka bisnis
percetakan. Sebagai contoh kita bisa melihat di sekitar Universitas atau
perguruan tinggi dimana disana sangat banyak sekali pengusaha membuka
usaha percetakan.
Cara Membuka Usaha Bisnis atau Usaha Percetakan :
- Modal
Sangat
erat kaitnya usaha dengan modal, karena jika kita punya keahlian tanpa
modal maka sia-sia dan sebaliknya. Modal disini bukan hanya berupa uang
dan materi, modal bisa berupa keahlian, pengetahuan, relasi, jaringan,
uang dan keberuntungan. Jika anda ingin membuka usaha percetakan
mulailah dengan hal yang kecil dan sederhana baru jika anda modal yang
besar dan pelanggan yang banyak maka anda bisa mencoba hal yang besar.
Untuk
modal percetakan di sini sangat bervariasi mulai dari jutaan, puluhan
juta hingga ratusan juta tergantung dari besar kecilnya pecetakan yang
akan anda buat. Yang membuat mahal di sini adalah harga untuk membeli
mesin cetak atau mesin digital.
2. Keahlian atau Skill
Saran
kami jangan coba-coba untuk membuka usaha percetakan jika anda tidak
hoby dan memiliki skill di bidang nya, cari dan gali potensi yang ada
dalam diri anda. Keahlian atau skill sangat penting yaitu meliputi :
Desain, komputer, promosi dll. Anda harus memiliki kemampuan yang bagus
di bidang nya.
3. Tempat atau Lokasi
Ketika
kita ingin membuka suatu usaha atau bisnis tentunya kita membutuhkan
tempat, carilah tempat yang strategis dan dekat dengan keramaian serta
tidak jauh dari jalan raya agar kendaraan mudah masuk. Dan jika pun anda
ingin membuka usaha kecil-kecilan anda bisa memulai dari rumah anda,
pasang Banner atau spanduk yang bertuliskan jasa anda seperti contoh :
“Menerima jasa percetakan digital” itu fungsinya agar orang atau
masyarakat sekitar tahu bahwa di rumah anda ada jasa percetakan dan
jangan lupa pula beri nomor kontak anda di Banner atau panduk tersebut.
- Cari Mitra atau Teman
Bagi
anda yang ingin cepat sukses maka saran kami adalah anda harus mencari
jaringan, relasi atau mitra semua itu bertujuan agar memudahkan anda
mendapatkan ide, inspirasi, dan modal. Cari mitra atau teman yang baik
dan sepemikiran dengan anda.
- Harga Pasaran
Anda
juga harus mengetahui harga pasaran, sesuaikan dengan harga pasaran,
bila perlu anda lebih murah dibandingkan harga pasaran.
- Promosi
Promosi
untuk meningkatkan penjualan. Tingkatkan promosi anda baik itu melalui
online atau pun offline. Promosing yang baik adalah promosing yang tepat
sasaran, oleh sebab itu cari trick tentang promosing yang efektif
seperti promosi melalui ticker, brosur, majalah, spanduk/banner. Promosi
melalui online seperti melalui iklan facebook, iklan google, twitter,
google puls dll.
- Tahapan Proses Produksi Percetakan
Sebagai
langkah awal, kami membuat skema tahapan yang harus dijalankan mulai
dari tahap menerima order, menganalisa order, kalkulasi harga, komponen
produksi yang diperlukan, proses produksi, quality controlling, packing,
delivering, pembayaran, dan after sales service yang baik. Untuk
pengerjaan pada digital printing ini, proses pra-cetaknya cukup dengan
pengerjaan desain/setting dengan komputer.
2.2 Strategy Produk
Produk
hasil cetakan digital kami menggunakan beraneka ragam media sesuai
dengan keinginan konsumen. Di antaranya media kertas, kertas foto,
kertas undangan. Produk percetakan digital kami dijamin tahan lama dan
tahan air karena menggunakan tinta warna yang berkualitas tinggi serta
proses pengerjaan yang cermat sehingga warna yang dihasilkan bisa
optimal.
Keunggulan produk :
Ø Harganya relatif murah
Ø Terdapat banyak variasi produk
Ø Kualitas hasil cetakan terjamin
Ø Proses pengerjaan cepat dan cermat
Ø Dapat mencetak/menerima order satuan
Ø Ada layanan antar
2.3 Strategy Pemasaran
Pemasaran
adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk
memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan
memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia. Pada umumnya kegiatan
pemasaran berkaitan dengan koordinasi beberapa kegiatan bisnis.
Strategi pemasaran ini dipengaruhi oleh faktor-faktor sebagai berikut :
- Faktor mikro, yaitu perantara pemasaran, pemasok, pesaing dan masyarakat
- Faktor makro, yaitu demografi/ekonomi, politik/hukum, teknologi/fisik dan sosial/budaya.
Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan untuk pemasaran (dari sudut pandang penjual) :
1. Tempat yang strategis (place),
- Produk yang bermutu (product),
- Harga yang kompetitif (price),
- Promosi yang gencar (promotion).
Dari sudut pandang konsumen :
- Kebutuhan dan keinginan konsumen (customer needs and wants),
- Biaya konsumen (cost to the customer),
- Kenyamanan (convenience),
- Komunikasi (comunication). Saat ini ada satu strategi pemasaran yang sedang gencar dilakukan oleh banyak orang, yaitu berpromosi online melalui website.
Strategi Usaha Percetakan dalam meningkatkan perolehan omzet penjualan
- Tingkatkan Kualitas
Agar
dapat memenuhi kualitas hasil cetakan yang baik yang diinginkan
konsumen. Saat anda membuka usaha percetakan tersebut maka tunjukanlah
bahwa anda mampu untuk memberikan layanan yang berkualitas bagi
pelanggan anda. Apabila anda memiliki layanan yang berkualitas maka
sudah pasti banyak sekali keuntungan yang akan bisa anda dapatkan
nantinya. Ditambah lagi, melalui usaha percetakan yang tepat dan
berkualitas tersebut sudah pasti para pelanggan akan senang dengan
produk yang anda berikan tersebut.
- Lokasi usaha percetakan
Untuk
lokasi atau tempat usaha juga sangat penting untuk dapat mendapatkan
konsumen, kalau bisa carilah tempat usaha yang berdekatan dengan
sekolah, kantor instansi pemerintahan, atau juga tempat yang banyak
orang berlalu-lalang.
Untuk
solusinya adalah kita bisa memanfaatkan jaringan jejaring sosial
internet seperti Facebook, twitter, dan lainnya. Serta dapat menerapkan
strategi berikut yaitu dengan memperbanyak kenalan di kantor-kantor yang
membutuhkan percetakan, misalnya kantor instansi pemerintahan, pastinya
mereka membutuhkan jasa percetakan yang tidak sedikit. Cara ini lebih
efektif dan lebih baik ketimbang mendapatkan tempat yang strategis
tetapi harga sewanya mahal.
- Mencari Koneksi untuk usaha percetakan
Dengan
memperbanyak kenalan di instansi-instansi pemerintahan yang membutuhkan
banyak jasa percetakan. Apabila ada koneksi selanjutnya kita harus
terbiasa membuat proposal untuk mempromosikan usaha percetakan ke
instansi pemerintaahn lainnya.
- Memberikan potongan harga
Kita
juga harus memberikan potongan harga kepada pelanggan. Stategi ini
sangat ampuh membuat mereka senang dengan pelayanan kamu hingga akhirnya
mereka kembali melalukan order pemesan.
BAB III
ANALISIS
3.1 Analisis SWOT Usaha Percetakan
Ø Strenght/ Kekuatan :
- Perusahaan menerapkan konsep “tanpa DP dan tidak menagih sebelum diminta menagih”. Konsep tersebut belum dimiliki oleh percetakan yang lain. Hal itulah yang membuat pelanggan lama tetap bertahan dan pelanggan lain yang mengetahuinya menjadi tertarik.
- Lokasi berada di tempat yang strategis diapit oleh fasilitas umum dan jalan raya
Ø Weakness/ Kelemahan :
- Terkadang harus meminjam uang dari Bank untuk modal. Karena penerapan konsep tanpa DP dan tidak menagih sebelum diminta menagih, terkadang uang untuk modal pemesanan lain belum ada sehingga harus meminjam uang dari Bank terlebih dahulu.
- Belum ada sistem administrasi yang baik. Sistem administrasi yang digunakan masih berupa catatan – catatan pemesanan saja itupun juga tidak semuanya karena yang memegang adalah pemilik. Catatan yang ada belum tercatat rapi dan runtut.
- Perputaran keuangan kurang jelas. Hal ini disebabkan karena belum adanya sistem yang baik. Hal itu menyebabkan perputaran uang kurang jelas, digunakan untuk apa saja uang tersebut terkadang tidak jelas.
- Kurangnya alat produksi dan SDM yang memadai dalam produksi setiap pesanan.
Ø Oportunity/ Peluang :
- Sekarang ini banyak kegiatan – kegiatan yang membutuhkan jasa percetakan untuk pelaksanaan kegiatan tersebut.
- Banyak Sekolah/Yayasan baru yang didirikan. Sehingga bisa mendapatkan target pelanggan baru.
Ø Threath /Ancaman :
- Banyak pesaing baru tanpa memperhatikan profesionalitas dan harga. Percetakan baru cenderung membanting harga untuk menarik pelanggan.
- Persaingan pasar yang terus – menerus mengalami perkembangan, oleh karena itu usaha ini sangat diperlukan ketekunan dan system yang berkembang
- Bahan baku yang harganya bisa naik turun.
- Pelanggan yang pindah ke percetakan lain.
BAB IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Pembukaan
usaha dalam bidang percetakan sangatlah menguntungkan dan mempunyai
prospek yang cerah kedepannya. Hal ini berkaitan dengan seiring
perkembangan zaman dimana laju pertumbuhan penduduk meningkat berarti
makin pesat pula pertumbuhan perusahaan/ instansi baru. Oleh karena itu,
permintaan akan kebutuhan promosi dan keperluan penunjang perusahaan
yang lain juga akan meningkat. Apalagi usaha percetakan kami adalah
percetakan digital. Dimana di jaman modern seperti sekarang konsumen
lebih menyukai sesuatu yang instant.
Hal
ini dikarenakan mereka dituntut untuk bekerja efisien. Usaha percetakan
digital ini merupakan solusi bagi konsumen yang menginginkan hasil yang
cepat dengan kualitas yang terjamin pula. Kelebihan teknik percetakan
digital ini antara lain bisa memesan dalam jumlah yang tidak dibatasi
(secara satuan), produk bisa full color, gambar kualitas foto, tahan air
dan tahan lama. Selain itu dengan variasi produk yang sangat luas, kami
dapat dengan fleksibel menggandeng segmen market yang lebih luas, serta
menentukan produk unggulan apa saja, kapan saja sesuai dengan trend
pada saat itu. Oleh karena itu usaha percetakan digital ini sangat
menarik untuk dikembangkan.
4.2 Saran
Ø
Sebelum melakukan suatu usaha hendaknya membuat suatu bisnis plan
terlebih dahulu untuk memudahkan penanganan usaha tersebut dapat
berkembang.
Ø Lakukan analisa pasar dengan mengadakan / melakukan berbagai survei untuk mengetahui minat pasar.
DAFTAR PUSTAKA
http://www.numpuktugas.blogspot.com
http://www.tugaskita.ml
http://www.tugaskita.ml/search/label/Kewirausahaan
Pandji Anoraga, S.E., M.M. (2011). Pengantar Bisnis, Jakarta, PT RINEKA CIPTA.
MAKALAH KEWIRAUSAHAAN PERCETAKAN LENGKAP 2017
Reviewed by https://numpuktugas.blogspot.com/
on
September 18, 2017
Rating:
No comments:
Post a Comment